Minggu, 02 Oktober 2011

(sumpah) I love my country

Disebelah timur pulau jawa,daerah yg dinamai jawa timur. Sekitar 1 jam menuju bandara abdurrahman saleh malang,dan sekitar 45 menit menuju bandar udara juanda,surabaya.

Posisi saya sekarang,saat menulis cerita ini..sedang duduk di ruang tunggu dekat Gate 1,juanda surabaya. Saya berencana terbang dari surabaya ke Jakarta dengan maskapai batavia air.

Setelah booking mendadak dan searching tiket murah,akhirnya dapat maskapi lokal yg harganya tak jauh beda dengan tiket kereta api surabaya-jakarta kelas bisnis. Kalo di hitung-hitung plus airport tax and asuransi,emang sech harganya 2X lipat tiket KA. Anyway,saya cari aman,cari mudah,dan cari CEPAT. Ketiga alasan itu, cukup 'worth'-lah dg harganya.

Alasan pertama 'Aman'...
Aman yang saya maksudkan disini,'relative lebih aman' dari tidak kriminalitas saat di udara..(Ga tau di daaraat nya.heheheheheh)..

Alasan kedua 'mudah'..
Mudah pesen tiketnya,tinggal menggerakkan jari di atas keyboard komputer,klik sana.klik sini.selesai,dan "BOOKED"..kalo ga punya e-banking tinggal nyari mesin ATM terdekat,dg memasukkan nomor pembayaran perusahaan,tak lebih dari 10 menit,bukti pembayaran sudah ditangan.

Alasan ketiga 'cepat'..
Iyah,ini alasan saya tulis dengan huruf besar. Karena saya butuh moving cepat seperti edward cullen. coba bayangin ajah,dengan harga yg 'sedikit berbeda' saya butuh 12 jam dari surabaya-jakarta,sedangkan jika saya naik pesawat,hanya saya habiskan 1jam 20,..saya bisa menghemat waktu lebih dari 10 jam. Iyah,memang, waktu mahal sekali harganya...

WAKTU itu MAHAL..
Oke,saya akui,saya adalah orang yg sedikit ter-stempel sering 'nelat' atau dengan sebutan panjang 'sering menelatkan diri'..
Sejak umur 14 tahun,dari sekarang,tekad saya untuk me-manage waktu dengan baik dan benar,dan sebisa mungkin tepat waktu,belum 100% sukses....maafkan saya sodara-sodara yg sering terkorbankan oleh saya!!!

Well,based on my experience,penerbangan domestik depart dari juanda,ato international flight ga pernah ada yg namanya telat..ada juga saya yg telat masuk pesawat..
Mulai garuda indonesia,korean air,asiana airline ampe asia air punya malaysia. Tak pernah memberi pengalaman 'delay' di sepanjang perjalanan saya ber-udara.

Urg,baru kali ini..
Huaaaa..
(Dengan suara agak gak jelas,mungkin karena efek speakernya yang berkualitas agak kurang bagus)
"Penerbangan tujuan Jakarta dengan nomor penerbangan Y6 652 batavia air,akan di berangkatkan pukul 17.10" di ulangi 2X..
Dan saya berharap saya salah dengar saat mbak operator menyebutkan angka "17"..(Seharusnya pukul 16)..
Sesaat kemudian, layar 21 inch di depan gate satu tertulis "batavia air flight:Y6 652 DELAYED"
Hadoooooooooooooooooooooooooo......!!!!
Rugi saya lari-lari saat check in..

Di sebelah saya,ada ibu-ibu cantik dengan blackberry nya yang dari tadi bunyi terus..
Sepertinya sedang menelfon suaminya..
"Delay se-jam...duuuh....bilang kek di tiketnya kalo mau di delay..aq khan ga perlu buru2"

Saya hanya cengar cengir dalam hati..
"Sama bu,kalo tadi saya tau bakalan di delay,saya juga mau ke indomaret dulu beli camilan"


Ini pengalaman pertama saya penerbangan di delay. Yang ingin saya sampaikan di tulisan saya yang tidak jelas ini, bukan hanya waktu delay nya,tapi juga ruang tunggu bandara nya...

Untuk penerbangan domestik,tiap penumpang wajib bayar airport tax 40ribu. Di ruang tunggu gate 1 ini,mungkin ada 100 orang lebih(gate nya sepertinya lebih dari 10). Ruang tunggunya berfasilitas kursi dan dispenser (air minum),dilengkapi televisi 21 inch di pojok ruangan dengan siaran ga jelas. Okelah,saya merasa n yaman,karena saya tak talu 'bawel' saat bepergian. Yang membuat saya heran,dengan pendapatan segitu,knp ruang tunggunya hanya berfasilitas minim...
Saat saya bandingkan dengan TERMINAL BIS di tempat saya study,Gwangju,yang notabene tak perlu bayar 'TAX' saat masuk, tempat ini jauh jauh jauh lebih 'GAK' worth..!!!

ini yg salah dimananyaaa????
Warganya yg suka 'nelat' seperti ssaayaa?
SDM nya yg kurang 'mumpuni'?
SDA nya yg kurang bisa 'diperas'?

Kalo KA ekonomi srb-mlg telat sih udah biasa..
Ruang tunggu terminal bis bungurasih kyk gini sih pantes..

OMG,plisssssssss!!!!
Indonesia kita ini kaya..
Manusia Indonesia juga cerdas2..
Yang salah dimana nya?


However...
This is my country..
This is my indonesia..


Sumpah..I love my country
(Dengan segala keruwetan dan ke mbuletannya)

Ruang tunggu gate 2 (pindah lagi)
Juanda,3 oct 2011

Tidak ada komentar: