Senin, 14 Februari 2011

over bagasi~

sebelumnya perlu saya infokan bahwa untuk penerbangan garuda Indonesia berat barang bawaan untuk economy class adalah 20 kilo..kelas bisnis adlah 25 kilo dan kelas eksekuitif 30 kilo (the last case is doubtful, saya juga kurang tau mah..)..

dengan tarif over-weight baggage dari surabaya-incheon 19 dolar/kilo atau dari jakarta-incheon 14 dolar/kilo...

in case..as a student abroad, sebenernya qt dapet keringanan ampe 25 kilo asal surat2 kita lengkap..(kayak letter of acceptance ato invitation letter..nya...)...

en let me tell you my story...."my first departure"...

27th,August 2010...
my home town is near the capital ciity of east java region...
juanda airport must be the nearest airport for my departure...

it was the first time for me to come to juanda..
i try to load the information quickly..
en got it..then..i ask the information office where i could change my e-ticket for my domestic flight..
en the beautyfull informant just show me the way clearly and humblely...
i check in on 7.30 pm..

my flight boarding to jakarta on 8 pm...
  • petugas: ini semua barang sampean mbak?
  • me : iyah cemas
  • petugas : check in berdua ama temennya apa mbak sendiri
  • me : saya sendiri ketakutan(*dengan wajah polos, tanpa dosa, worry en ketakutan)
  • petugas : lah ..yo lebih dari 20 kilo ini..
(setelah ditimbang)
  • petugas : tuh khan 38 kilo...berarti kalo bayar bagasinya skalian nyampe incheon..kelebihan beratnya 18 kilo dikali 19 dolar..ditambah pajak kalo dirupiahkan sekitar 3 juta bla bla bla blablablabalabla....emang bawa apa ajah sii mbak kok ampe segitu... 
  • me : whew!*tuing
  • tuing..shock..!! (hah..!!! 3 juta??? uang rupiah 100 koin pun ga bawa..!!!)
  • petugas : kalo nyampe incheon bagasinya, berarti check in nya skalian sama passport en visa
  • me : (dengan pasang tampang melas)..saya student..visa saya dijakarta, baru jadi tadi sore, soalnya nomor ijin visanya datang terlambat..nanti saya check in d imigrasi jakarta ajjah..
  • petugas : oo..student toh..yawda over-weightnya saya diskon...nyampe jakarta ajah yaaa...berarti plus AIRPORT TAX sekitar dua ratus bla bla bla bla....bayarnya dikasir..sebelah sana yaa...
- dari sini bisa d ambil kesimpulan bahwa:
"ANDA MASIH MEMBUTUHKAN UANG RUPIAH JIKA ANDA MAU KELUAR NEGERI"
setelah membayar, dan lain nya dan sebagainya (*buka karena kemampuan verbal terbatas loh ya...untuk mempersingkat cerita ajah) - saya langsung membawa semua barang saya yang akan duduk bersama saya dipesawat..(hihi)..d ruang tunggu juanda airport tentu saja Blackberry saya masih befungsi - en i spent my time, reading unImportant email....

penerbangan surabaya - jakarta cukup aman terkedali. tak lebih dari satu jam. dan akhirnya sampai d tujuan....Internatioanl airport - Soekarno Hatta, jakarta...

hal pertama yg saya lakukan adalah, menelpon teman saya yang bawa visa saya - dengan mudah aq menemukan dy - walopun dy agak Invisisible (heheh..Pis y MaTos - yg merasa)....

check ini d soekarno Hatta cukup rumit (its Indonesian Style - ruwet pooL), saya harus mengisi form2 semacam angket, kartu imigrasi dan saya juga tak tahu apa itu.....dan yg paling parah, i'm hardly look for my bolpoint, udah d packing sedemikian rupa, dsuruh ngisi form ga dsediain bolpoin..(gimana sech mbaaak...!!!)

dan lagi2.. saya bermasalah dengan barang bawaan saya yg bejibun...hahhahaha....
.OVER BAGGAGE UP TO 18 kilo...as a student, they felt pity on me...they gave me discount...dan saya hanya membayar beberapa rupiah untuk itu...

dan yg membuat saya SHOCK adalah AIRPORT TAX d Bandara soekarno Hatta Rp 150.000....(5x dari airport tax d juanda)...oh GOD..dan lagi2 "ANDA MASI MEMBUTUHKAN UANG RUPIAH SEBELUM BEPERGIAN KELUAR NEGERI"...

- dari sini bisa d ambil kesimpulan bahwa :

"DI BANDARA ANDA MASI MEMBUTUHKAN BOLPOINT"
perjalanan Jakarta(Indonesia) - Incheon (South Korea) sekitar 6 - 7 jam....
karena saya baru pertama keluar negeri, saya sangat terkesima dengan bandara Incheon yg sangat bagus (kalo mau tau, liat ajah pilm2 korea, rata2 take scence bandara tuh d ambil d Incheon Airport) - dan yg paling membuat saya shock lagi adalah...

system yg mereka buat sangat sistematis, everthing well organized salut- well digitally intregated... pengunjung seperti saya yg ndeso tak akan d buat bingung oleh tanda2 arah yg ga jelas....sistem imigrasi checking nya pun sangat simple dan tidak rumit.....pengambilan koper dari bagasipun cukup mudah dan walopun antara arrival point dengan pengambilan barang cukup jauh, anda tidak akan dibuat bingung olehnya...

saya shock untuk ketiga kalinya setalah penerbangan saya selanjutanya dari Incheon ke kota yg menjadi final destination saya - Gwanju....dengan sedikit komunikasi pake bahasa tubuh, mbak2 yg melayani saya dengan senyum ramahnya bilang "its okey" --- yg artinya barang2 bawaaan saya yg bejibun tak ada masalah dan "SAYA TIDAK DIKENAKAN BIAYA TAMBAHAN KARENA OVER BAGGAGE" (in this case saya kurang tahu, apa karena pesawat yg saya naiki ga ada batas maksimal barang bawaannya ato memang d korea selatan tak ada batas maksimal bagasi - hahhahha)

Checkin dilayani oleh petugas yg bahasa inggrisnya pas pasan - pelayanan checking masi sangat sangat memuaskan dan tentu saja NO RUWET....

dari sini saya mengambil kesimpulan :

"SAYA LEBIH NYAMAN DENGAN ADMISNISTRASI D NEGARA ORANG DARIPADA D NEGARA SENDIRI"saya tidak tahu

so, untuk kamoe kamoe yg mau abroad alone as exchange student, intern student atopun apapun yg ada hubungannya dengan kata "student"....
"g usah takut untuk go abroad alone"
"prepare uang rupiah en bolpoint"

Monkey Winks Cici

ini barang bawaan saya~....^_^"

"Incheon Airport~"

2 komentar:

yogi mengatakan...

ma kasih banget infonya :)

indbongolz mengatakan...

sama2~