Rabu, 22 Februari 2012

Snowy Vs Rainy

Korea semakin menghangat, sepertinya winter akan segera pergi. Suhu berkisar antara 5 hingga 8 derajat celcius, anginpun tak terlalu kencang. Overall, sekitar 2 atau 3 lah suhunya. Hangat!
udah makin gaya gtu kalo jalan-jalan, ga perlu lebay. Udah bisa jalan – jalan pake sandal selop yang Cuma berbalut kaos kaki ala tungkak, Udah ga perlu pake sepatu boot ala teletubbies, dan tentunya udah ga perlu pake double jaket khas musim dingin.

Bagi sebagian orang, udara korea di bulan februari masih terasa menusuk dan dingin. Tapi buat saya, ini sudah hangat, karena komparasi saya adalah bulan desember dan januari, when the wind terribly blows my body, when the snow flies slapping my face.

Saya di lahirkan di negara tropis, dan hingga berumur 21 tahun saya tetap setia dengan daerah tropis. Hampir 4 tahun saya hidup di daerah pengunungan dengan suhu terendah sekitar 18 derajat, plus angina kencal, jadi feels like 10 derajatan lah.  

Akhir – akhir ini saya sering bertanya – tanya, apakah ada yang salah dengan radar suhu di tubuh saya. Saat kebanyakan orang merasa ‘sangat’ kedinginan, saya biasa ajah, saat udara tidak terlalu dingin saya menyebutnya “dingin sekali”. Suhu, suatu besaran yang dapat diukur dan dihitung serta memiliki satuan. Seharusnya, bisa terkuantifikasi secara konstan. Ah mungkin, karena tubuh saya belum terkalibrasi, jadi hasil pengukurannya agak ngaco.
Onion Head Emoticons 1Setelah perjalanan yang tidak cukup panjang dengan ditemukannya beberapa fakta, akhirnya saya menemukan alasan, kenapa saya merasa lebih dingin hujan dan tidak ‘merasa’ kedinginan saat bersalju yang diiringi terjangan angin sepoi kencang.

Saat hujan, saya merinding, merasa ketakutan, dan merasa seperti langit akan runtuh. Apalagi saat gelegar suara dari langit meleking, dan tetesan hujan semakin membesar. Dingin, bulu kuduk berdiri, dingin sekali. Sejuta kenangan datang, yang akan memperkeruh keadaan. Saat kamar kosan mulai akan tergenangi air, saat genteng rumah mulai pecah oleh sambaran petir, saat pohon – pohon mulai roboh tertiup angin featuring guyuran hujan. Saya merasa kedinginan, dingin sekali, selimut tebalpun kadang tak bisa menghangatkan.

Saat korea bersalju, pra dan pasca turunnya salju, konon katanya dingin. Tapi saya tidak merasa kedinginan. Mungkin karena baju musim dingin saya agak lebay, atau mungkin karena jaket saya berbahan wol yang hangat, atau mungkin saja tubuh saya sudah beradaptasi dengan musim dingin, ini bukan winter pertama saya.
Wah, ternyata jawabannya simple sekali. Saat winter, salju mulai datang dan angin secara tak sopan menampar – nampar, bukan baju tebal dan berbahan wol yang membuat saya ‘tidak’ merasa dingin. Tapi lebih tepatnya saya ‘tidak’ bisa merasakan rasa dingin, karena radar suhu dalam tubuh saya sudah terbekukan oleh suhu alam,  lebih tepatnya kita sebut ‘Numb’, mati rasa. Saat hujan, suhu sekitar masih dalam jangkauan ‘suhu kerja radar’, dan pengukuran masih bisa dilakukan. Makanya saya merasa kedinginan saat hujan.


2009 - lab analitik - Jurusan Kimia - Universitas Brawijaya - Malang -  Indonesia



2012 - Trace Metal Biogeochemistry Laboratory - Gwangju Institute of Science and Technology - South Korea
  



Saya tahu tulisan saya di atas adalah tidak lucu dan kurang kerjaan. Tapi ini bentuk kontribusi nyata saya untuk mendedikasikan diri di dunia ilmu pengetahuan for ‘dummy scientist’. Hahahahah..

Oia, saya sudah mulai bosan nie di korea, padahal masih 1,5 tahun berjalan. Masih kurang 1,5 tahun lagi. Rasanya lamaaaaa banget, padahal waktu berjalan cepat sekali. Barusa saya dapat email dari professor saya, biasa abies setor data sampel komersilnya lab. Katanya, makasi ya indah, datanya overall terlihat bagus. Hahahha,… enggak tau ajah si prof saya masak berapa kali itu tanah..... ampe gosong tau…!!! Ampe tangan saya kebakar…!!!! Ampe sendok sayurnya leleh…!!!! Belum lagi kalo udah rebutan fume hood ama si mas, tekanan bathin tau….!!!!! *info:aq menang loh trakir kita rebutan fume hood minggu kemaren, aq menangin hood yg sebelah kiri, yang agak gedhe dan bersih*

Besok lab meeting, giliran saya nge-review, ama ngebahas paper2 terbaru yang related ama lab. Dan seperti biasa pula, menampilkan data2, data saya sih banyak, tapi geje semua. Mau???? Besok kukasih deh teman2 lab..don’t miss it ya, dijamin okeiii deeh!!!! besok lab meetingnya sambil dinner bareng gtu, lumayan lah makan gratis, maklum nie lagi kritis berjamaah bersama deby, ria, chitra dan kang asep. Mereka itu benar – benar, saudara sebangsa dan setanah air, senasip sepenanggungan. Miskin ajah berjamaah…setia kawan abies…!!

besok yonggu oppa dateng dari pacific, bawa bejibun sampel untuk diriku, lebih tepatnya untuk thesisku. Katanya mau dikirim dari Incheon ke gwangju, lucunya kenapa dikirim ke gwangju bus terminal, ga dikirim ke Gwangju institute. Lucu sekali, jadi besok saya harus menjemput box biru di terminal bus, keren banget khan!!!

Oh iyah, besok ada graduation ceremony, 2 master student di lab saya, besok lulus. Parahnya, salah satunya adalah yonggu oppa. Merasa bersalah sih, dy ga bakal punya foto wisuda master gara2 sampling saya. Tapi ya mau gimana lagi, everything happens for a reason, entah ada apa dibalik ini semua. Biarlah tuhan yang membalas kebaikanmu sodara!!

Eh ada event penting lagi besok, besok jadwalnya bicycle repairing di GIST. Sepeda saya udah berbulan2 ini bocor, belum dibenerin. Abiesnya ga ada tambal ban sii di korea..!!! besok mudah2an inget..
Di akhir kata, saya harus ngirim bahan review nie ke labmate saya. Udah siap donk…!! Aku gtu loh, ratu telat sejagat dan sangat mengutamakan dadakan….*ea.





*seharusnya sekarang saya milihi data, belajar dan nyiapin presentasi, tapi apa daya, saya pingin pulang, akhirnya browsing ticket pesawat. pingin banget makan bakso, tahu petis dan kupang *galau detected*soundtrack of the note :


Tidak ada komentar: