Rabu, 14 Maret 2012

Hidupku Lucu : introduction to kegalauan, theory and it's application

beberapa hari ni hidupku sangat lucu...

banyak kertas post-it tertempel di meja office-ku. mulai dari yang ga penting, seperti tretment botol sampai scripting, nulis manuscript dan laporan proyek. . . . .

Sangat lucu,
di akhir bulan februari lalu, aku menggambar Smiling-S di kalender duduk di mejaku. Inginku, maret ini kudedikasikan diriku untuk pengukuran Sulfide, yang konon katanya sangat susah, mengingat itu Sulfur berada dalam tingkat oksidasi yang paling rendah, yang seharusnya berada di kondisi anoxic, tanpa ada oxygen. sudah kumulai dengan sampel sediment, belum kusentuh air keramat dari pasific dan hindia. Tidak seperti tahun lalu, deteksi sulfide kali ini dilakukan dengan sequential extraction, ekstraksi beruntun, masak memasak, campur - mencampur, di bantu oleh PhD student termanis di labku, dan kemurahan hati profesor dan besarnya dana riset di korea. Experimental settingku, rapi, dengan tambahan perangkat baru sana sini.perfect!
smiling-S in march 2012

sekarang, aku  berencana untuk memasukkan masak memasak untuk mengukur sulfide ini sebagai kandidat  experiment ter-manis saat aku menempuh master, sangat penasaran, apa ada yang lebih heboh dari ini.  let's see!

sequential extraction experiment
saat memulainya, aku harus menyiapkan banyak sekali peralatan gelas, flow meter dengan cabang terbanyak, heating mantle hingga memenuhi seluruh fume hood sampai berbagai macam ukuran dan panjang teflon tubing. saat kumulai experimentku jam 9 pagi, aku baru bisa menyelesaikannya jam12 malam, itupun dengan waktu makan siang 15menit dan makan malam 30menit dan dikurangi waktu sholat. waktu mencuci alat setelah experimentnya sekitar 2 jam (ini adalah bagian paling terhormat saat experiment - MENCUCI dan MEMBILAS!). . semua itu hanya bisa me-run 8 sample, dikurangi blank dan CRM, netto=6. haha. dalam satu kali running, ada bagian yang mana harus menggunakan logam zink 30-mess, dengan harga 90.000 won per 100g (sekitar 900.000 rupiah). .tak ada cela untuk duduk dikursi saat memasak makanan jenis ini. Tanganku terbalut double polyetilen glove tahan panas tahan asam, belepotan reagent, dan ga bisa fesbukan, youtube-an, chattingan.....T_T.....sangat menyiksak.........dan saya sadar, kenapa paper yang ku-cite untuk thesisku itu, ber-impact factor tinggi dengan hanya menampilkan beberapa data, jadi ini alasannya.......wes mbulet ruwet, megeli, larang pisan. what a perfect!
dan apa yang aku rasakan, setelah 2 minggu, setiap 2 hari sekali aku melakukan experiment itu.
satu kata: Onion Head Emoticons 92

selama satu tahun predikat master student-ku, belum pernah tubuhku seremuk itu...
dan yang lebih heran, aq masih bisa menebar pesona, dengan senyum sana dan sini.....
yang membuatku lebih heran lagi, aq masih bisa bersuara sangat keras,lucu sekali bukan!! 


GOD ALWAYS CREATE EVERYTHING IN BALANCE.....
 kata itu tepat untuk kondisiku,saat aku harus memasukkan deretan angka itu ke excel-sheet, bahagia sekali saat sudah tergambar di sigma-plot, bar chart dengan standart deviasi less than 20%, dengan recoveri more than 95%. it's acceptable!(katene enggak, nangis darah tujuh hari tujuh malam).....

Si mas yg aneh teman labku itu, menelfonku jum'at malam, katanya, aq dicari sama prof, besok, sabtu, mau ngebahas sesuatu. wah, perasaanku ga enak!dan jawabannya adalah 

EVERYTHING HAPPEN FOR A REASON.......
profesor bilang, akhir bulan ini deadline laporan untuk proyek yang aku pegang, jadi aku harus fokus ke pengukuran logam merkuri, dahulukan sample air. sample air preparasinya mudah, tinggal tambah ini itu dan di deteksi dengan cold vapour atomic flouroscence. alatnya, walaupun tidak autosampler (punya tangan yang bisa ambil sampelnya sendiri), pengoperasiaannya mudah melalui interface software yg user-friendly, terkoneksi dengan portable computer (alias laptop), dan tentunya bisa menangkap sinyal wifi kampus. Artinya, aku bisa fesbukan, youtube-an dan chattingan. dan aq bisa melanjutkan serial drama korea yang belum tamat. What a heaven!

2003-2006  lalu, buatku, pulang cepet itu, saat aku sudah berada dirumah saat matahari hampir tenggelam...
2006-2009 lalu, buatku, pulang cepet itu, saat aku sudah berada dikosan sebelum jm9 malam....dan sekarang, pulang cepet itu, saat aku sudah berada di dorm sebelum jam12 malam.....

bahagiaku hari ini, beberapa catatan di to-do list udah tercoret
ga kerasa udah jam 1.30 AM, selamat datang 15 maret 2012
*besok pasti nyesel, ngabisin beberapa menit untuk nulis cerita kayak gini

...dan saya tidak akan pernah berhenti bersyukur, ditakdirkan dijalan ini, my live soooooo much beautiful....
(bersama drama korea dan dunia dalam ilusinya - hehe)

Experimental set-up for acid volatile sulfide measurement (experimental design lama)
sequential extraction of acid volitile sulfide and chromium reducible sulfide (AVS-CRS)
*ini experimental set up yg baru*
reduction of Cr(III) to Cr(II) 
on going experiment AVS - CRS
waster water (diluted Cr(III) solution)
waste water ( mixing of diluted Chromium solution and Sulfide antioxidant buffer solution)
waster water Sulfide anti-oxidant buffer (SAOB)solution 
"who took this picture??? *thanks a lot yep*"

TMBL student office
GIST, Gwangju
South Korea

Tidak ada komentar: