Jumat, 04 November 2011

Electron Scattering

Scattering electron - Hamburan elektron

beberapa istilah seputar penembakan elektron pada sebuah speci sample.....Semoga bermanfaat....



BSE (Back Scatterred Electron)
Elektron yang ditembakkan berinteraksi dengan inti atom, yang menyebabkan elektron (yang ditembakkan) berubah arah, dan direfleksikan kembali keluar dari speci atom.

SE (Secondary Electron)
Elektron yang ditembakkan dari beam berinteraksi dengan elektron yang ada pada speci atom, karena sama-sama bermuatan negarif, maka terjadi gaya tolak menolak, dan elektron pada speci atom akan terlempar keluar (tereksitasi), sedangkan elektron yang ditembakkan dari elektron gun akan megalami perlambatan.

 

 
X-ray Electron (Elektron sinar-X)
Saat terjadi penembakan elektron terhadap suatu spesi atom, elektron pada spesi atom yang berada di kulit K akan tereksitasi, sehingga terjadi kekosongan. Kekosongan tersebut akan digantikan oleh elektron dari kulit luar (misalnya kulit L), karena menempat tingkat energy yang lebih rendah, elektron tersebut mempunyak kelbihan energy, sehingga akan dipancarkan dalam bentuk sinar-X

Elektron auger
saat terjadi penembakan elektron, elektron pada spesi atom yang ada di kulit K akan tereksitasi keluar spesi atom, elektron dari kulit luar akan menggantikan kekosongan yang ada pada kulit K (misalnya dari kulit L, dari orbital p). perpindahan elektron dari orbital p pada kulit L, ke orbital s pada kulit K mentransfer kelebihan energinya  ke elektron lain, untuk menstabilkan keadaan, speci atom tersebut akan mengeluarkan kelebihan energinya dengan cara mengekstasi elektron. Elektron terakhir yang di eksitasi tersebut disebut elektron auger.

untuk lebih memahami kedua istilah ini, coba visit



2 komentar:

Anonim mengatakan...

awal yang baik

indbongolz mengatakan...

nice inpoh tentang interaksi sinar yang ditembakkan ke sample TEM
http://www.unl.edu/CMRAcfem/volume.htm