Kamis, 21 Mei 2009

Isolasi Aluminium

Aluminium merupakan unsur dengan lambang Al, bernomor atom 13 dan merupakan unsur golongan III A. Secara fisik aluminium merupakan logam putih keperakan dengan karakter seperti logam pada umumnya, logam aluminium dapat memantulkan sinar, tidak beracun, non-magnetik dan tidak berkilau. Aluminimum merupakan salah satu dari 8 besar elemen pada kerak bumi, merupakan unsur ke-3 yang paling melimpah di alam yaitu sekitar 8,1% berat.


Aluminium di alam tidak ditemukan dalam bentuk logam murninya tetapi dalam bentuk bauksit yang masih mengandung Fe2O3, serta Si2O3. Sehingga dibutuhkan proses lebih lanjut untuk mendapatkan aluminium murni yang biasa dimanfaatkan dan dijual secara komersial


Aluminium merupakan konduktor listrik yang baik, tahan panas serta tahan korosi. Aluminium digunakan dalam banyak hal. Kebanyakan digunakan sebagai Kabel bertegangan tinggi, bahan kontruksi pesawat serta peralatan rumah tangga seperti panci, botol minuman ringan serta tutup botol susu. Aluminium biasanya juga digunakan untuk melapisi lampu dan compact disk. Persenyawaan aluminium juga memiliki aplikasi yang sangat luas. Misalnya aluminium sulfat digunakan untuk pemurnian air.




  • Bagaimana kelimpahan unsur Aluminium di alam?

  • Bagaimana keseluruhan proses yang dilakukan untuk medapatkan aluminium dari bauksit ?

  • Bagaimana pemanfaatan aluminum dalam kehidupan sehari - hari ?


found the answer in:

Makalah full....
download this file : isolasi aluminuim

 

leave a command yaw

^_^

Tidak ada komentar: